Thursday, November 8, 2012

Prolegomena

Prolegomena artinya diskusi pendahuluan, biasanya sebuah tulisan atau essai sebelum karya lengkap disajikan. Film Bintang sudah separuh jalan -- mohon doa untuk proses post-produksi -- dan mudah-mudahan segera menjadi berkat bagi banyak orang. Namun, ketika pagi ini merenung, sambil melihat kembali foto-foto lalu, terpikir untuk membagi beberapa hal, yang menjadi berkat pribadi untuk saya.

Yang pertama adalah kesungguhan. Bagaimana kita, sebagai anak-anak Tuhan, bersungguh-sungguh dalam segala pelayanan, dalam mengusahakan semua talenta yang sudah Tuhan berikan.

Kesungguhan ini saya pelajari, teladani, dari seorang Hak Ling, yang menjadi tonggak bagi seluruh proses film ini. Totalitasnya menjadi surya yang membangun totalitas teman-teman lainnya.

Totalitas satu orang membutuhkan dukungan total dari orang lain. Kepemimpinan seringkali bukan berarti menonjol dan terlihat di atas, melainkan menjadi pendukung utama. Kesungguhan untuk mendukung menjadi kunci... ketika orang-orang yang berjiwa pemimpin, bersatu hati untuk sama-sama saling mendukung satu sama lain.

Komunitas yang bersungguh-sungguh ini, akhirnya menjadi bintang tersendiri. Bintang yang menarik bintang lainnya, seperti gravitasi. Inilah saat pertama saya berkenalan dengan Candra... err... Ducko Can... Akhirnya, itu juga menjadi satu berkat, menikmati dan mempelajari kesungguhannya.

Yang kedua, adalah persahabatan. Dari awal, dari persiapan sebelum shooting benar-benar dimulai, aura yang terasa bersinar adalah persahabatan yang erat dan hangat.

Persahabatan, bisa hanya menjadi sesuatu yang berlalu begitu saja karena tidak menghadirkan apa-apa. Namun ketika persahabatan diletakkan dalam konteks bersungguh-sungguh mengerjakan sesuatu, nilainya menjadi jelas. Nyata.

Apa yang mungkin membatasi -- pekerjaan, usia, gender -- dilarutkan dalam persahabatan, dan semuanya bersungguh-sungguh melayani.

Pelayanan bukan jadi beban, sekalipun hati gentar ketika harus mengerjakan apa yang tidak pernah dilakukan.


Terlihatnya seperti di ruangan komando, sebelum perang. Rencana. Urutan. Persiapan. Kelengkapan. Saat itu, orang-orang belum tahu bahwa akan terlahir seruan "Ppooaaaa...!!" yang luar biasa :)

Saat itu mungkin awal dari upaya setiap orang memberikan yang terbaik. Memberi yang terbaik, walaupun untuk hal-hal kecil. Tuhan tetap memandang pemberian yang sepenuhnya, seperti dua keping uang itu, bukan?

Yang ketiga adalah kehangatan dari pribadi-pribadi. Tidak harus menjabat sesuatu, atau ditokohkan, atau diidolakan... setiap orang bisa menjadi teladan bagi orang lainnya.

Kadang-kadang, kehangatan itu mengejutkan. Orang yang tadinya disebut pendiam, tahu-tahu memberikan kehangatan di saat udara dingin, hujan, dan semangat terasa menurun. Yang terlihat berdiam diri, hanya memperhatikan, hanya mengikuti, ternyata di saat genting menjadi yang paling diandalkan.

Yang lainnya lagi adalah pribadi yang membawa kesegaran dalam suasana. Menjadi sumber keceriaan di saat badan terasa lelah dan sendi terasa ngilu.

Padahal, kalau pertama kali melihat, orang itu nampak serius. Dilihat belakangan juga masih nampak serius. Tapi begitu ngobrol... asyiknya gak ketulungan!

Nih, Soeli difoto saat tengah syuting.

Kegemaran yang menjadi ciri khasnya: makan.

Yuk, makan!

Lainnya lagi adalah gadis yang lincah (baca:maceuh) dan menjadi Art Director untuk film ini. Heboh, serius, dan begitulah...karyanya terlihat di sepanjang film ini. Bravo! Talenta yang hebat!

Semua ini membawa kegembiraan. Siapa bilang dalam melayani itu tidak bisa bersenang-senang? Waktu istirahat juga berarti waktu kebersamaan. Setiap teman hadir bersama, duduk pun senang...

Tentunya, bermain gadget juga bagian yang asyik...

Hohohoho :D

Bahkan di waktu menunggu, teman menjadi penentu. Nyatanya, tidak semua orang begitu datang langsung bisa berperan... Bisa saja, datang siang, baru sorenya berlakon. Sekali lagi, teman yang bersama di sana menjadi sumber kekuatan.

Kalau sendirian, mana kuat...?

Akhirnya saat berperan tiba, saat itu berlalu dengan cepatnya.

"Audio record! Camera rolling! Action!"

Selamat menikmati Bintang.







1 comment:

  1. kereeenn ko donny! thankyou yaa uda foto"in kita trs dr persiapan smp sekarang :))

    ReplyDelete